Congo, TNI dan VESPA

Belajar dari Vespa
Pernah dengar Vespa Congo? Lho apa hubungannya Vespa dengan Congo? Sepertinya hal ini sangat ‘gak nyambung’ jika memikirkannya. Ok, kita lihat dulu sejarahnya, diawali dengan perang yang berkecamuk di benua Afrika dalam dekade 1960-an. Sebagai bagian dari kepedulian Bangsa Indonesia terhadap perdamaian dunia, maka Indonesia mengutus pasukan TNI terbaiknya (Pasukan GARUDA) ke Congo. Setelah berakhirnya tugas di Congo Pasukan Garuda Indonesia menerima tanda penghargaan dari Pemerintah RI salah satunya ya…itu… motor VESPA. Sejak itulah Vespa jenis berbodi bulat ini dinamakan VESPA CONGO. Sejak itu pula lah popularitas Vespa di tanah air naik. Dan yang menariknya lagi sampai sekarang Vespa Congo menjadi motor incaran para kolektor maupun penggemar scooterist di Indonesia dan seluruh dunia. Kenapa bisa? Konon kabarnya Vespa jenis ini bukan dibuat oleh pabrikan Italy tetapi oleh pabrikan Jerman dengan bodi baja yang lebih kuat dan keras serta tingkat kelengkapan lebih dari pada Vespa made in Italy yang umum beredar di Indonesia. Mau tahu berapa nilai Vespa Congo sekarang ini? “Sudah ada yang nawar 12,5 juta tapi nggak saya kasih!” begitu jawaban seorang veteran TNI ketika ada yang menawar. Lebih mengejutkan lagi Ada yang, mematok harga mulai 21 juta, 25 juta, bahkan 22.500 dollar AS (sekitar 213juta!).

Moment, Identity & Quality (MIQ)
Nah, melihat fenomena itu bisa ditarik kesimpulan bahwa moment (peristiwa), identitas (brand) dan kualitas (MIQ) menjadi pemegang peran yang sangat kuat. Moment (peristiwa) diwakili dengan perang Congo; Identitas (brand) diwakili Pasukan TNI Garuda Indonesia dan Vespa; kualitas diwakili dengan negara Jerman yang kita kenal sebagai negara yang unggul dalam teknologi, kecermatan perhitungan. Dan, sekarang apabila setiap diri kita atau sebuah institusi mempunyai sifat yang unik, beda dari yang lain, inovatif, kreatif dalam menghasilkan suatu karya yang berkualitas ditunjang lagi dengan kepekaan intuisi dalam memanfaatkan peluang/momen secara cepat dan tepat maka bisa di ibaratkan kita sebagai Vespa Congo yang dicari orang karena hal-hal diatas (MIQ).

Jadi mudah-mudahan semua menjadi faham, tidak bingung lagi membaca judul diatas kemudian menjadi pemicu bagi kita untuk mengembangkan skill untuk sukses dalam segala hal positif yang kita inginkan dengan memanfaatkan Moment, Identity dan Quality.

Kreanova (dari berbagai sumber)

Leave a comment

Filed under Seputar Kita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s